Resep Masakan - Ayam Goreng Terasi

Resep Masakan - Ayam Goreng Terasi

Rabu, 22 Desember 2010

Rendang daging cincang dengan santan kedelai



Lagi pengen makan masakan padang jadi iseng coba bikin rendang, berhubung coconut milk udah abis jadi deh pake susu kedelai sebagai pengganti santan kelapa. Nemu resepnya di buku Masakan Nusantara Rendah Kolesterol by Sangkan Paran.
Hasilnya enak juga, skali masak langsung abis (si akang sih yg ngabisin secara dia doyan masakan padang tp ga pedes)
Bahan:
  • minyak salad / olive oil untuk menumis
  • daging cincang 500 gr, rebus dengan 1 butir jeruk nipis
  • kacang merah segar 200 gr (saya ga pake)
  • santan kedelai 750 ml (saya pake susu kedelai)
  • daun kunyit 1 lbr, simpulkan (saya ga pake)
  • daun jeruk purut 2 lbr (saya ga pake)
  • serai 1 batang (saya ga pake)
Bumbu (haluskan):
  • cabai merah keriting 20 buah, buang bijinya (saya pake paprika merah kecil 5 buah)
  • bawang merah 3 butir (saya pake bawang merah besar 1 butir)
  • bawang putih 5 siung
  • jahe 3 cm
  • lengkuas 1 cm (saya pake lengkuas bubuk 1 sdt)
  • garam 1 sdm
  • kunyit 1 cm
  • kemiri 1 buah
Cara membuat:
  • panaskan minyak salad, tumis bumbu halus hingga harum
  • masukkan daging cincang, aduk sampai berubah warna dan bumbunya meresap dalam daging
  • tuang santan kedelai dan didihkan dengan api sedang. tambahkan daun kunyit, daun jeruk purut dan serai, aduk rata.
  • masak hingga kuahnya mengental dan kering. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar